enisusanti

BiNusian weblog

Norton 10 Pergunakan Metode Quorum

Norton merupakan salah satu merek paling populer di dunia keamanan internet, terutama dalam segmen antivirus berlisensi. Kepercayaan terhadap produk ini dijaga Symantec (pengembang Norton) melalui keandalan teknologi dalam menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna internet. Inovasi pun tetap mereka jalankan, kali ini dengan strategi pengamanan terbaru berbasis reputasi yang dilabeli Quorum.

Dalam peluncuran Norton Internet Security 2010 dan Norton AntiVirus 2010 di Hotel Grand Hyatt Jakarta, 8 Oktober kemarin, David Hall (Regional Consumer Product Marketing Manager, Symantec Asia Pacific) mengungkapkan, “Metode signature dan heuristik yang dikenal saat ini memang mampu melindungi terhadap 99% malware populer, tetapi sulit mendeteksi 1% malware yang bersifat unik. Padahal yang 1% itulah yang kini digandrungi para penjahat cyber untuk melancarkan serangannya.”

Bagaimana cara kerja metode Quorum? Metode ini memanfaatkan atribut-atribut file atau aplikasi malware buatan pelaku cybercrime yang bersifat unik. Sejak terdistribusi ke internet, pergerakan file tersebut kemudian dimonitor Quorum. Jika atribut berubah, reputasi file bakal secara otomatis diperbaharui (“baik” atau “buruk”). Reputasi ditentukan oleh rekomendasi puluhan juta pengguna Norton di seluruh dunia yang tergabung dalam Norton Community Watch dan dikalkulasi lewat sebuah algoritma kompleks. Jika pengguna mencoba mengunduh sebuah file yang bereputasi buruk, Norton bakal mencegahnya.

Symantec juga berupaya mementahkan anggapan bahwa Norton memiliki performa yang lamban dan boros memori. Hasil uji dari PassMark menunjukkan fakta berbeda. Produk ini perlu sekitar cukup 1 menit untuk diinstal, konsumsi memori hanya sedikit di atas 10 MB, dan durasi pemindaian 61 dan 31 detik saja, masing-masing pada HDD dan SSD. Soal keandalan, predikat “sangat memuaskan” ditasbihkan oleh lab uji independen, AV-Test.org.

Paket keamanan Norton Internet Security 2010 ditawarkan mulai harga Rp268.000 untuk lisensi satu PC dan Rp448.000 untuk lisensi tiga PC. Sementara Norton AntiVirus 2010 berharga lebih rendah, Rp218.000 (satu PC) dan Rp 388.000 (tiga PC). Bagi pengguna produk Norton 2006 sampai 2009, tersedia upgrade gratis melalui situs Norton Update Center.

This entry was posted on Saturday, October 10th, 2009 at 5:20 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply





XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>